Langkah Dasar Pembuatan Objek di CorelDraw

Pakarteknik.id - CorelDRAW adalah merupakan subuah perangkat lunak atau sebuah aplikasi komputer yang berfungsi sebagai pengolah grafis berbasis garis atau berbasis vektor. Seperti untuk pembuatan undangan, kartu nama, banner, spanduk, poster, stiker, dan lain sebgainya, keungulan dari dari aplikasi coreldraw atau aplikasi pengelola vektor ini yaitu gambar yang dihasilkan akan mempunyai kapasitas file yang cukup kecil bila dibanding dengan aplikasi pengolah grafis dengan basis bitmap. Akan tetapi untuk versi terbaru coreldraw juga sudah di lengkapi dengan fitur dan filter efek untuk pengolah bitmap yang dapat digunakan untuk memanipulasi dan penataan objek dalam sebuah gambar. Namun semuanya itu terpulang bagaimana  kreatifitas dan imajinasi para penggunanya.


Langkah-langkah Pembuatan Objek Pada CorelDraw
Setipa objek yang di buat dengan coreldraw adalah terdiri dari Fill (isi) dan Outline (garis) didalam kondisi deault sebuah objek terdiri dari waran transparan dan garis luar yang berwarna hitam. Untuk cara membuat sebuah objek di lakukan dengan cara mmemilih objek yang akan di buat dan mengekilik dan di tari ke bawah dan kekanan dengan di ikuti dengan tombol kombinasi keyboard Ctrl - Alt - Shift.

 Property ini berisi tentang lokasi koordinat dari sebuah onjek pada canvas (objek posision)
 Property ini berisi tentang lebar dan tinggi objek (objek size)
 Properti ini berisi tentang arah untuk memutar objek (angle rotation)

Cara Mebuat Objek Melingkar di CorelDraw
  • Buat lembar kerja baru sesuai dengan kebutuahan kalian.
  • Klik toolbox dan pilih Ellipse Tool (F7).


  • Kemudian klik dan tahan tarik kebawah atau kekanan pada lembar kerja sambil menahan tombol Ctrl pada keyboard agar presisi. Kalian juga bisa mengatur ukuranya melalui objek size, disini saya contohkan membuat objek melingkar dengan ukuran 10 cm x 10 cm.

Cara Membuat Objek Kotak di CorelDraw
  • Caranya sama seperti cara di atas yang membedakan hanya toolbox yang di gunakan jika objek melingkar kita menggunakan Ellipse Tool (F7) nah sekarang jika objek kotak kita menggunakan Toolbox Ractangle Tool (F6).
  • Kemudian sapukan dan atur sizenya.
  • Untuk objek-objek yang lain caranya sama seperti cara di atas.
Oke demikian tadi adalah  Cara Langkah-lakah Pembuatan Objek Pada CorelDraw. Semoga dapat bermanfaat, selamat mencoba dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel